Wednesday, April 15, 2020

Bekerja di Ketinggian

Bekerja di ketinggian atau working at height adalah pekerjaan yang sering dilaksanakan oleh pekerja baik di pekerjaan konstruksi, logistik, energi, dan lain-lain. Di dalam rangkuman ini akan saya bahas apa itu bekerja di ketinggian berdasarkan Peranturan Menteri Tenaga Kerja No. 9 Tahun 2016 tentang Bekerja di Ketinggian.

Bekerja di ketinggian menurut adalah aktifitas yang dilakukan oleh tenaga kerja di permukaan tanah atau perairan yang memiliki beda ketinggian dan potensi jatuh yang bisa mengakitbatkan tenaga kerja tersebut terluka atau meninggal dunia dan kerusakan harta benda.

Beberapa perangkat yang digunakan saat bekerja di ketinggian adalah

  • Perangkat pelindung jatuh
  • Perangkat pencegah jatuh (mencegah pekerja masuk ke area yang berpotensi jatuh)
  • Perangkat penahan jatuh (mengurangi dampak jatuh bagi pekerja)
  • Alat pelindung diri

Syarat-syarat bekerja di ketinggian

  • Perencanaan yang baik
  • Prosedur kerja, misal cara perlindungan jatuh, cara menjaga peralatan, cara melakukan pengawasan pekerja saat bekerja di ketinggian, pengamanan area kerja, dan ERP.
  • Teknik bekerja yang aman
  • Alat pelindung diri
  • Tenaga kerja yang kompeten


Pembagian area berdasarkan tingkat bahayanya ketika ada pekerjaan di ketinggian.

  1. Area bahaya, yaitu area yang digunakan untuk pekerja dalam melaksanakan aktifitas secara vertikal dan/atau horizontal dan berpotensi tinggi adanya benda jatuh (drop object).
  2. Area waspada, yaitu area yang berada diantara area bahaya dan area aman yang jaraknya sudah diperhitungkan sehingga bila ada benda yang jatuh tidak sampai masuk ke area aman atau tidak mengenai pekerja yang berada di area aman.
  3. Area aman, yaitu area yang terhindar dari potensi benda jatuh dan tidak menganggu aktifitas pekerja yang sedang bekerja di ketinggian.


Benda yang dibawa manual oleh pekerja ketika bekerja di ketinggian maksimal adalah 5 Kg. Bila benda tersebut beratnya lebih dari 5 Kg maka harus menggunakan sistem katrol untuk menaik-turunkan benda tersebut.

Syarat-syarat pembuatan ERP pekerjaan di ketinggian.

  1. Daftar pekerja untuk menolong bila ada korban yang jatuh dari ketinggian.
  2. Peralatan penolong bila ada korban atau keadaan darurat.
  3. P3K dan sarana evakuasi.
  4. Nomor telepon penting.
  5. Denah dan jalur evakuasi ke muster point atau ke rumah sakit terdekat.


Penggunaan full body harness oleh pekerja harus dengan tali lanyard dengan panjang maksimal 1,8 meter dan memiliki pengait (hook) yang masih memiliki safety latch yang kuat dan tidak rusak. Hook tersebut dikaitkan pada struktur yang kuat diatas kepala atau minimal sejajar dengan dada pekerja.

No comments:

Post a Comment